Saturday, August 4, 2018

Investasi Properti Lebih Untung di Indonesia atau Malaysia?



Foto: Trio Hamdani

  Jakarta - Malaysia yang memiliki letak geografis dekat dengan indonesia bisa menjadi alternatif tempat berinvestasi Properti. Lantas sebagai peliha berinvestasi , lebih baik beli Properti di Indonesia atau Malaysia ya ?

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan masing masing negara sebenarnya bisa menjadi pilihan untuk berinvestasi properti. Semua itu tergantung kebutuhan investor.

"Kalau dikaitkan dengan properti di indonesia mana yang lebih baik, dikembalikan ke tujuan dan kebutuhan masing masing" . Katanya di Jakarta, Sabtu (4/8/18).

Di indonesia sendiri, keunggulan berinvestasi properti terletak pada banyaknya jumlah penduduk. Hal ini membuat permintaan terhadap produk properti tak pernah ada habisnya.

"Di Indonesia nggak kalah, kalau dari jumlah populasi nggak kalah dong. Dan biasanya kan orang beli properti untuk disewakan ke orang indonesia sendiri. Tapi tergantung, kalau buat kesehatan atau pendidikan ke Malaysia. Atau mau investasi di Indonesia untuk di sewakan ke orang indonesia," ujarnya.

Dia menjelaskan, ada dua faktor mengapa investasi properti di malaysia memang bisa jadi alternative yang bagus, di banding indonesia.

"Kenapa Malaysia jadi alternatif ? karena satu, berdasarkan rumah.com Property Affordability Sentiment Index, Malaysia negara tujuan urutan ke 3 untuk investasi dari sisi masyarakat indonesia sendiri yang menilai." paparnya.

Kedua pendidikan dan kesehatan. Rumah sakit di sana dibilai bagus dan sering menjadi rujukan orang indonesia. Jumlahnya kurang lebih 600 ribu orang per tahunnya yang berobat di sana.

"Jadi itu sebetulnya bisa jadi kesempatan, banyak yang berobat ke Malaysian. Jadi kalau beli rumah bisa saya sewakan untuk orang indonesia yang berobat di sana,". Ujarnya.

Namun dari segi keuntungan yang di dapat memang lebih besar di Indonesia. Investasi properti di Malaysia, dalam setahun perkiraan hanya mampu memberi keuntungan sewa (yield) Sekitar 4%. sementara di indonesia 7% .

"Tadi sempat di infokan itu angkanya yield 4% kalau di sewakan di Malaysia. Kalau di indonesia 7% angkanya. Tapi kita mesti lihat lagi areanya sebelah mana." tambahnya.

Nih guys. Jadi kalian pilih yang mana nih ? kalo saya sih mending Indonesia ya di karnakan yang pertama keuntungan nya lebih besar dan membuat perekonomian di negara kita sendiri bisa lebih maju sedikit.

























0 comments:

Post a Comment